Lestari, Ayu (2015) PENGARUH PENGUASAAN STRUKTUR TEKS DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311010 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2113311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2113311010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2113311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2113311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2113311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2113311010 BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
2113311010 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2113311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh: (1) struktur teks dengan kemampuan menulis teks fabel ; (2) ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks fable; serta (3) penguasaan struktur teks dan ciri kebahasaan secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks fabel. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi korelasi. Data yang digunakan sebagai alat pengumpul data berupa tes tulisan dalam bentuk pilihan berganda dengan empat pilihan alternatif (a,b,c, dan d) dan 1 tes kemampuan menulis teks fabel oleh siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Dari 207 siswa/I, adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif penguasaan struktur teks (X1) terhadap kemampuan menulis teks fabel (Y) didapat dari hasil korelasi product moment dengan ɑ= 0,05 sebesar 95,45% yang mengartikan bahwa pengaruh tersebut kuat. (2) terdapat pengaruh positif penguasaan ciri kebahasaan (X2) terhadap kemampuan menulis teks fable (Y) yang didapat dari korelasi product moment dengan ɑ= 0,05 sebesar 94,15%,yang mengartikan bahwa pengaruh tersebut kuat. Pengaruh tersebut dipertegas dengan Sumbangan Relatif (SR) dari variabel struktur teks (X1) ke kemampuan menulis teks biografi (Y) sebesar 57.24% Sedangkan Sumbangan Relatif (SR) dari variabel ciri kebahasaan (X2) ke kemampuan menulis teks fabel sebesar 42.75% (3) terdapat pengaruh positif antar struktur teks (X1) dan ciri kebahasaan (X2) dengan kemampuan menulis biografi (Y) yang diuji melalui regresi ganda maka hasilnya adalah Y= 67,54+ 2,62X1+ 1,98X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.830 712 Les p |
Keywords: | Penguasaan struktur teks; penguasaan ciri kebahasaan teks; dan kemampuan menulis teks fabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15475 |