PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN “ KEMBOJA TERKULAI DI PANGKUAN” KARYA IRWAN KELANA OLEH SISWA KELAS XI IPS SMA SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Maulina, Sari (2014) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN “ KEMBOJA TERKULAI DI PANGKUAN” KARYA IRWAN KELANA OLEH SISWA KELAS XI IPS SMA SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209311069 COVER.pdf]
Preview
Text
209311069 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209311069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209311069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209311069 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
209311069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209311069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209311069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 BAB I.pdf]
Preview
Text
209311069 BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 BAB V.pdf]
Preview
Text
209311069 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 209311069 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209311069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh Metode Index Card Match dan metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Sinar Husni Helvetia Medan dengan jumlah 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan Metode Index Card Match = 76,94, standar deviasi=7,57, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 27,78%, kategori baik sebanyak 58,33% dan kategori cukup sebanyak 13,89%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan metode diskusi=71,38, standar deviasi=8,79 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 11,11%, kategori baik sebanyak 55,56%, kategori cukup sebanyak 33,33% dan kategori kurang 0%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 2,84, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dan 1% dk=(N1+N2)-2=70. Dari dk=35 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar= 2,00 dan pada taraf signifikan 1% harga tabel sebesar 2,65. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,00<2,84>2,65 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa Metode Index Card Match berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen dibandingkan dengan metode diskusi di SMA Sinar Husni Helvetia Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.307 12 Mau p
Keywords: Metode Index Card Match; Metode Diskusi; cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item
View Item