Panjaitan, Anggrianne Anastasia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111002 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2102111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
2102111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2102111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2102111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2102111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2102111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2102111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2102111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
2102111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2102111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 235 orang kelas VII SMP Negeri 4 Binjai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan proses simple random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh rata-rata pretes = 63,57, standar deviasi = 6,27, dan termasuk dalam dua kategori, yaitu kategori baik sebanyak 20% dan kategori cukup sebanyak 80%. Nilai rata-rata posttest = 76,46, standar deviasi = 7,30, dan termasuk dalam tiga kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 16,67%, kategori baik sebanyak 70%, kategori cukup sebanyak 13,33%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan posttest berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, didapat dari hasil hitung to sebesar 7,24. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan dk = N-1, maka 30-1 = 29. Dari df = 30 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 2,04 dan 1% sebesar 2,76. Diperoleh to> ttabel yakni 2,04 < 7,24 > 2,76. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek oleh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.830 712 Pan p |
Keywords: | model pembeljaran; pembelajaran peta pikiran; menulis teks; cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15420 |