Munte, Erna Juliana (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (PEMBAGIAN PENCAPAIAN TIM SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEGAGAN HILIR KABUPATEN DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311011 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2103311011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
2103311011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2103311011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2103311011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2103311011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2103311011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2103311011 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
2103311011 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2103311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (Pembagian Pencapaian Tim Siswa) terhadap kemampuan membedakan fakta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegagan Hilir Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 198 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design.Dari pengolahan data, diperoleh hasil pretes dengan nilai rata-rata 67,62 dan standar deviasi 10,84. Nilai tersebut tergolong dalam empat kategori yaitu kategori sangat baik sebanyak 12,5%, kategori baik sebanyak 35%, kategori cukup sebanyak 40% dan kategori kurang sebanyak 12,5% sementara hasil postes diperoleh rata-rata 79,13 dengan standar deviasi 9,94 dan tergolong dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 35%, kategori baik sebanyak 21 52,5%, kategori cukup sebanyak 4 orang 10% dan kategori kurang sebanyak 1 2,5%. Uji normalitas data hasil kelas pretes dan postes, menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh thitung sebesar 8,00. Selanjutnya thitung diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39 dari df =40 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,02, karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,00 > 2,02, maka hipotesis diterima.Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (Pembagian Pencapaian Tim Siswa) berpengaruh terhadap kemampuan membedakan fakta Dan opini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegagan Hilir Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Mun p |
Keywords: | fakta dan opini; pembelajaran Student Teams Achievement Division; siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15418 |