Hutagalung, Olivia Juni Rosita (2014) HUBUNGAN KECERDASAN MAJEMUK DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS XII SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071222110026 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
071222110026 APPPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (994kB) | Preview
071222110026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
071222110026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
071222110026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
071222110026 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071222110026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
071222110026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071222110026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
071222110026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071222110026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca kritis siswa, kecerdasan majemuk siswa, dan apakah adanya hubungan yang signifikan yang terjadi antara kecerdasan majemuk dengan kemampuan membaca kritis.Penelitin ini dilakukan di SMA Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 155 orang. Karena jumlah populasi di sekolah tersebut banyak, maka sampel yang diambil untuk diteliti adalah sebanyak 37 orang yaitu 37 orang kelas XII IPA-1.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi product moment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan majemuk dan tes pilihan berganda kemampuan membaca kritis. Tes ini diberikan hanya satu kali pada pertemuan yang berbeda dengan terlebih dahulu memberikan tes angket kecerdasan majemuk kemudian memberikan penerapan kecerdasan dominan terhadap tes kemampuan membaca kritis. Setelah diketahui M dan SD maka variabel X dan Y akan diuji kecendrungannya. Karena, penelitian ini bersifat korelasi, maka skor variabel X dan variabel Y harus berdistribusi normal dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas keberartian regresi.Berdasarkan perhitungan hasil dari M(x)=73,39 dan SD(x)=9,92 sedangkan M(y)=74,89 dan SD(y)=11,53. Dari hasil rata-rata (x) maka diuji kecendrungan (x) diperoleh hasil pada kategori cukup. Sedangkan dari hasil rata-rata (y) maka diuji kecendrungan (y) diperoleh hasil pada kategori baik. Hasil dari uji normalitas diperoleh (x)=0,89 dan (y)=0,47 kemudian dikonsultasikan pada taraf signifikan α=0,05maka diperoleh (0,89<7,81) dan (0,47<7,81) sehingga disimpulkan data berdistibusi normal. Hasil uji linearitas keberartiam regresi diperoleh persamaan Y=35,29+0,53x dengan f h<ft (6:29) yaitu (-4,684<0,207) sehingga persamaan tersebut linear. Selanjutnya uji keberartia regresi dengan dk (1:35) pada taraf signifikan α=0,05maka diperoleh (5,999>0,029) dengan fh>ft, sehingga persamaan regresi berarti. Kemudian korelasi product moment yang diperoleh rxy hitung = 1,21. Setelah nilai tersebut dibandingkan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 0,325. Setelah dibandingkan ternyata nilai rxy hitung > rxy tabel, yakni 1,21> 0,325. Hasil perhitungan ini bermakna bahwa tingginya kemampuan membaca kritis siswa adalah dipengaruhi oleh tingginyanya kecerdasan majemuk siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 12 Hut h |
Keywords: | kecerdasan linguistik; kecerdasan logika- matematika; kecerdasan visual- spasial; kecerdasan musikal; kecerdasan kinestik jasmani; kecerdasan interpersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15414 |