Chaniago, Saddam Husein (2014) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BINTANG BAYU KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311068 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
209311068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
209311068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
209311068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
209311068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
209311068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
209311068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
209311068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
209311068 BAB I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
209311068 BAB V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
209311068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 103 siswa SMA Negeri 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai. Sampel diambil secara random, yaitu kelas eksperimen 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi sebelum menggunakan teknik pembelajaran brainstorming termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 65,87, sedangkan kemampuan siswa menulis paragraf deskripsi sesudah menggunakan teknik pembelajaran brainstorming termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,90. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (3,47) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh teknik pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2013/2014. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaraan menulis paragraf deskripsi sesudah menggunakan teknik pembelajaran brainstomring lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan teknik pembelajaran brainstomring, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan teknik pembelajaran brainstomring berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.060 712 Cha p |
Keywords: | teknik brainstorming; menulis; paragraf; deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15411 |