Simamora, Rianita (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
8126172030 Judul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8126172030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
8126172030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8126172030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
8126172030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8126172030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
8126172030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8126172030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
8126172030 Bab I .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8126172030 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan tingkat ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah; (2) mendeskripsikan tingkat ketuntasan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah; (3) mendeskripsikan tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah; (4) mendeskripsikan aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berdasarkan masalah dan (5) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berdasarkan masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Siantar, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VII-1 dan VII-2 yang masing- masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes komunikasi matematik siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,835. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketuntasan belajar siswa diperoleh dari hasil daya serap siswa secara klasikal sebesar 88,57%; (2) tingkat ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah yaitu secara klasikal sebesar 85,71% sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba I yaitu 2,76 meningkat menjadi 3,06 pada ujicoba II. Aspek kemampuan komunikasi matematis yang paling tinggi peningkatannya adalah pada aspek menggambar; (3) tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah sudah dapat dikatakan efektif, sebab rata-rata kemapuan guru mengelola telah mencapai kriteria minimal; (4) aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berdasarkan masalah sudah berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; dan (5) respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berdasarkan masalah sudah menunjukkan respon yang positip.Peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sim p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Komunikasi matematis; Perangkat pembelajaran; Pertidaksamaan linier |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:17 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1541 |