PENGARUH MODEL PEMBELAJARANINKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS XSMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014

Sinaga, Sadar Hotmaida (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANINKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS XSMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103111061 COVER.pdf]
Preview
Text
2103111061 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2103111061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2103111061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2103111061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2103111061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2103111061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
2103111061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2103111061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061  BAB I.pdf]
Preview
Text
2103111061 BAB I.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 BAB V.pdf]
Preview
Text
2103111061 BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 2103111061 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2103111061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraninkuiri terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Populasi dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X SMA Negei 5 Medan Tahun Pembelajaran2013/2014 yang berjumlah 400 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelasyaitu kelas X IPA 2 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah testertulis berbentuk essai.Dari pengolahan data, diperoleh hasil pre-test dengan nilai rata-rata = 65,7dan standard deviasi = 8,57. Nilai tersebut tergolong dalam kategori baik, cukupdan kurang yakni 47,5% untuk kategori baik, 40% untuk kategori cukup dan 5%untuk kategori kurang. Hasil post-test dengan rata-rata = 79,9 dan standard deviasi= 8,79. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup,yakni 20% untuk kategori sangat baik, 70% untuk kategori baik dan 10% untukkategori cukup. Dari uji normalitas data hasil kelas pre-test dan post-test,menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapatdisimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 4,01. Selanjutnya todiketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5%dengan df=N-1=40-1=39 dari df =40 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karenato yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 4,01 > 2,02, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ataspenerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks anekdotsiswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.959 071 2 Sin p
Keywords: pembeljaran inkuiri; kemampuan menulis; teks anekdot
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 01:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item
View Item