PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AIR PUTIH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Dewi, Ratna (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AIR PUTIH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2102111024 COVER.pdf]
Preview
Text
2102111024 COVER.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2102111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2102111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (916kB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2102111024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2102111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2102111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2102111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 BAB I.pdf]
Preview
Text
2102111024 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 BAB V.pdf]
Preview
Text
2102111024 BAB V.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[thumbnail of 2102111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2102111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Poppulasi dalam penelitian ini berjumlah 245 siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih. Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling (acak kelas), dan instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes essai.Metode yang digunakan adalah Metode Eksperimen Semu atau Quasi Eksperimen. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus : Dan dari pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 64,8 dengan standar deviasi 7,9 dan termasuk ke dalam empat kategori yaitu kategori baik sebanyak 16,67%, kategori cukup sebanyak 47,22%, kategori kurang sebanyak 27,78%, dan kategori sangat kurang sebanyak 8,33%. Sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,9 dengan standar deviasi 8,18, dan termasuk ke dalam empat kategori yaitu kategori sangat baik sebanyak 27,78%, kategori baik sebanyak 44,44%, kategori cukup sebanyak 22,22%, dan kategori kurang sebanyak5,56%.Sesuai hasil uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal dan sesuai uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dan setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka dapat diketahui t0 sebesar 6,33. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1, df = 36-1 = 35 . Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 2,03. Maka diperoleh t0 > ttabel, yakni 6,33 > 2,03. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri berpengaruh positif terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.959 071 2 Dew p
Keywords: model pembelajaran; pembelajaran inkuiri; manfaat model pembelajaran inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 10:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15395

Actions (login required)

View Item
View Item