Ulfah, Warniatul (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BABALAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101111022 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2101111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
2101111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
2101111022 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2101111022 TABEL OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2101111022 TABLE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2101111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2101111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2101111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
2101111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
2101111022 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan dengan jumlah 200 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,12, standar deviasi = 9, digolongkan pada kategori baik = 20%, kategori cukup = 37,5 %, kategori kurang = 27,5% dan kategori sangat kurang = 15%. Nilai rata-rata post-test = 75,25, standar deviasi = 8,29 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 22,5%, baik = 42,5%, cukup = 27,5 % dan kurang =7,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 5,70. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 40-1=39. Dari df 40 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,70 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Ulf p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; teks oposisi; unsur kebahasaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15388 |