Siburian, Frisnawati (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (BERPIKIR, BERPASANGAN DAN BERBAGI) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI SISWA KELAS XI SMA N 1 SORKAM BARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111026 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2103111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
2103111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2103111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2103111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2103111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2103111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2103111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
2103111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
2103111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2103111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 334 orang kelas XI SMA Negeri 1 Sorkam Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang yang diambil dengan proses cluster sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes isian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh rata- rata pretes = 60,31, standar deviasi = 13,41, dan termasuk dalam empat kategori yaitu kategori sangat baik sebanyak 4 siswa atau 12,5 %, kategori baik sebanyak 10 siswa atau 31.25 %, kategori cukup sebanyak 8 siswa atau 25 %, kategori kurang sebanyak 6 siswa atau 18,75 %, dan kategori sangat kurang 4 siswa atau 12,5 %. Nilai rata-rata posttes = 83,13, standar deviasi = 11,02 dan termasuk dalam tiga kategori, yaitu sangat baik 16 siswa atau 50 %, kategori baik sebanyak 14 siswa atau 43,75 %, dan kategori cukup sebanyak 2 siswa atau 6,25 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan posttes berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to sebesar 7,33. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan dk = N-1, maka 32-1 = 31. Dari df = 31 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 2,04 dan 1% sebesar 2,75. Maka diperoleh to> ttabel yakni 2,04 < 7,33 > 2,75. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sorkam Barat Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sib p |
Keywords: | model pembelajaran; think pair and share; fakta dan opini;penerapan model think pair and share pembelaajran fakta dan opini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15382 |