Simbolon, Oky Virgolina (2014) PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311036 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2103311036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2103311036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2103311036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
2103311036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
2103311036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
2103311036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2103311036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2103311036 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
2103311036 BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
2103311036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap kemampuan menulis laporan pengamatan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang berjumlah 248 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-2.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test post-test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis laporan pengamatan dengan tema kebersihan lingkungan puskesmas Sigamabal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pada pre-test = 68,8, standar deviasi = 10,03sedangkan nilai rata-rata pada post-test = 77,2 standar deviasi = 10,56. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 3,11. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2.04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 3,11 > 2.04 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima.Demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran karyawisata berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis laporan pengamatan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 071 Sim p |
Keywords: | karya wisata; menulis; laporan; pengamatan; karangan; diksi; ejaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 09:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15374 |