Barus, Irawati (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111030 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2103111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
2103111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2103111030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2103111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2103111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2103111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
2103111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2103111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based learning) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kemudian mengetahui efektivitasnya dari hasil belajar atau prestasi siswa.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 308 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling. Instrumen atau alat pegumpulan data yang digunakan untuk menegtahui hasil belajar siswa adalah tes essay membuat sebuah teks paragraf argumentasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu. Dalam hal ini diperoleh rata-rata nilai di kelas kontrol (menggunakan model demontrasi) = 71,7, standar deviasi = 7,76 sedangkan rata-rata nilai di kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran berbasis masalah) = 82,35, standar deviasi = 10,5 Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dalam hal ini diperoleh t =4,55. Selanjutnya dikonsultasikan dengan t pada taraf 5% = 2,04. t_(0> ) t_tabel, yakni 4,55> 2,04.Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu daripada model demontrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 712 Bar e |
Keywords: | efektivitas; model pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15363 |