Asyari, Dian (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NAMORAMBE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111018 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
209111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
209111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
209111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
209111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
209111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
209111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
209111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
209111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran peta pikiran terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Namorambe Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Namorambe yang berjumlah 130 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran peta pikiran dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan media cetak. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X_1 memiliki rata-rata 76,8 dengan standar deviasi sebesar 10,71, sementara kelas X_2 memiliki rata-rata 64,15 dengan standar deviasi sebesar11,06. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X_1 diperoleh harga L0 (Lhitung)= 0,1522 dan Lt (Ltabel)= 0,1566. Ternyata Lhitung<Ltabel yaitu 0,1554<0,1566. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menemukan menulis puisi dengan menggunakan media pembelajaran peta pikiran berdistribusi normal. PadaX_2 diperoleh harga L0 (Lhitung) =0,0787 dan Lt (Ltabel) = 0,1566. Ternyata Lhitung<Ltabel yaitu 0,0787<0,1566. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media cetak berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat nilai F_hitung= 0,71 dengan〖 F〗_tabel = 43,8dk pembilang dan penyebut 32 + 32 - 2 = 62 yaitu 0,71. Jadi, F_hitung<F_tabel yaitu 0,71< 43,8.Nilai t, t = 6,83. t 5% = 2,00 dan tt 1% = 2,65 karena t yang diperoleh lebih besar dari t yaitu 2,00<6,83> 2,65. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi lebih berpengaruh menggunakan media pembelajaran peta pikiran dibandingkan media cetak pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Namorambe tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 12 Asy p |
Keywords: | kemampuan menulis; puisi; diksi; bahasa kiasan; konkret; tima; tipografi puisi; jenis puisi; media pembelajaran; peta pikiran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15352 |