Hasibuan, Novita Trianto (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MEMO SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111021 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2102111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
2102111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2102111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2102111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2102111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2102111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2102111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2102111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
2102111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2102111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model Practice Rehearsal Pairs dan metode Ceramah dalam meningkatkan kemampuan menulis memo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan dengan jumlah 222 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model Practice Rehearsal Pairs = 83,40, standar deviasi=6,80, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 59%, kategori baik sebanyak 41% dan kategori cukup sebanyak 0%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan metode ceramah= 77,95, standar deviasi=7,63 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 27%, kategori baik sebanyak 55%, dan kategori cukup sebanyak 18%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 3,11, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dk=(N1+N2)-2=42. Dari df=42 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar 2,02 dan pada taraf signifikan 1% harga t tabel sebesar 2,71. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,02<3,11>2,71 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan model Practice Rehearsal Pairs dalam meningkatkan kemampuan menulis memo lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 071 Has p |
Keywords: | model practise rehearsal pairs; menulis; memo; kalimat efektif |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15345 |