Manullang, Arta (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODELPEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POSTER SISWAKELAS VIII SMP YAYASAN MARDI LESTARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111004 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2103111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2103111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2103111004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2103111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2103111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2103111004 BAB I.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2103111004 BAB V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2103111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis poster siswakelas VIII SMP Yayasan Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa SMP Yayasan MardiLestari Medan. Sampel diambil secara random, yaitu kelas eksperimen 32siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Pengujian hipotesis dilakukan denganmenggunakan uji t. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis poster sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasukdalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswaadalah 65,87, sedangkan kemampuan siswa menulis poster sesudahmenggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,90. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (3,47) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05.Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh modelpembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis poster siswa kelasVIII SMP Yayasan Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Hal inimenunjukkan bahwa hasil pembelajaraan menulis poster sesudah menggunakanmodel pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan teknik pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis poster
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.880 712 Man p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis proyek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15341 |