Sitanggang, Dewi Evelyn Maria (2014) PENGARUH MODEL KONSEP KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111017 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
209111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
209111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
209111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
209111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
209111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
209111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
209111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
209111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
209111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model konsep kalimat terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas X SMA negeri 1 Delitua Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Delitua yang berjumlah 379 orang orang, sedangkan sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak 32 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one group pre-test post-test, desain dilakukan observasi sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Desain penelitian ini dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. desain ini terdapat pre-test, sebelum dilakukan perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas X SMA Negeri 1 Delitua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model konsep kalimat terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi. . Hal ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor 2020 dengan nilai rata-rata 63,12 dan hasil post-test 2395 dengan nilai rata-rata 74,84. Kemudian, dilakukan uji hipotesis uji t, didapat t_hitung=7,51 dan t_tabel = 2,04 karena t_hitung > t_tabel (7,51 > 2,04) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model konsep kalimat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.060 712 Sit p |
Keywords: | Pembelajaran; Konsep Kalimat; Model; Langkah-langkah; Menulis; Paragraf Deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15315 |