Fahdi, Firdaus (2015) ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI PADA GURU BIOLOGI SMA SE-KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126173007 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8126173007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM. 8126173007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 8126173007 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM. 8126173007. CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
4. NIM. 8126173007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM. 8126173007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. NIM. 8126173007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. NIM. 8126173007. CHAPTER 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
5. NIM. 8126173007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM. 8126173007. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Se–Kabupaten Langkat yang bertujuan untuk
mengetahui tingkat kesulitan guru biologi (1) SMA Se- Kabupaten Langkat; (2) yang sudah
sertifikasi (3) yang belum sertifikasi Bioteknologi di SMA Se- Kabupaten Langkat; (4) yang
mengajar di sekolah negeri; dan (5) yang mengajar di sekolah swasta. Sampel penelitian
berjumlah 40 orang guru biologi dari populasi 40 orang guru biologi dari 19 SMA Se-
Kabupaten Langkat. Instrumen penelitian berupa non tes yaitu dokumentasi, angket, lembar
observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan guru biologi: (1)
SMA Se- Kabupaten Langkat tergolong sedang (58,61%); (2) yang sudah sertifikasi sangat
rendah (18,42%); (3) yang belum sertifikasi tergolong rendah (41,68%); (4) yang mengajar di
sekolah negeri tergolong sangat rendah (28,64%); (5) yang mengajar di sekolah swasta
tergolong sangat rendah(29,54%). Hasil penelitian ini mengiplikasi pentingnya mengatasi
kesulitan yang dihadapi oleh guru dengan komunikasi antar guru bidang studi biologi
memanfaatkan forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan perlunya menfasilitasi
sekolah dengan sarana dan prasarana yang menunjang keberhasilan pembelajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Fah a |
Keywords: | Analisis kesulitan guru; Perangkat pembelajaran; Bioteknologi. |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:52 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1531 |