Khairani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111039 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
209111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
209111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
209111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
209111039 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
209111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
209111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
209111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
209111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
209111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014 . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Setia Budi Abadi Perbaungan sebanyak 125 orang. Sampel diambil sebanyak 84 orang dari dua kelas, 42 orang untuk kelas eksperimen dan 42 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model yang digunakan. Alat pengumpulan data adalah berupa tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis cerita pendek. Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples berada dalam katagori baik dengan nilai rata-rata 78,07. Jika dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model ekspositori, nilai rata-ratanya 62,5 berada dalam katagori cukup. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji ”t”. Selanjutnya, dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 9,32 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99, dengan df = 84-2 = 82, dipergunakan df yang paling dekat dengan 82. Hipotesis lebih efektif apabila ttabel < thitung yaitu 1,99 < 9,32 atau hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan model pembelajaran Examples Non Examples lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Kha p |
Keywords: | Kemampuan Menulis; Cerpen; Unsur-unsur Pembangun Cerpen; Model Examples Non Examples |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15300 |