Hasibuan, Ivawani (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP SEMESTER I. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8106173029 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 8106173029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 8106173029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 8106173029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8106173029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 8106173029 TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 8106173029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM. 8106173029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8106173029 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 8106173029 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 8106173029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Biologi harus memberikan pengalaman belajar bagi siswa melalui
keterampilan praktikum. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran
Biologi yang dilaksanakan di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak
didapat hasil bahwa, pembelajaran berbasis proses sains jarang dilakukan oleh
guru karena ketidak mampuan guru dalam menguasai cara kerja di laboratorium
dan menyusun atau merancang bahan ajar berupa lembar kerja siswa untuk
kegiatan praktikum. Selain itu, LKS yang digunakan dalam pembelajaran hanya
berisi rangkuman materi dan soal-soal kognitif yang berorientasi pada
kemampuan mengetahui, memahami dan mengaplikasikan saja. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis keterampilan proses sains yang
layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi pada delapan materi
(Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan, Sistem Gerak Pada Manusia,
Sistem Pencernaan Pada Manusia, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Sistem
Peredaran Darah Manusia, Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan, Fotosintesis,
Gerak Pada Tumbuhan). Peneliti berasumsi LKS yang dikembangkan dengan
basis keterampilan proses sains, efektif dalam meningkatkan keterampilan proses
sains. Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan desain
LKS, proses validasi ahli media, dan ahli materi, dan uji coba siswa terhadap
LKS. Hasil penilaian para ahli yaitu ahli materi dengan kriteria sangat baik (94%)
dan ahli media dengan kriteria sangat baik (89%), serta uji coba lapangan terbatas
terhadap siswa juga sangat baik (92%). Uji coba produk yang dikembangkan
dilaksanakan di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling menghasilkan kelas
VIIIA. Hasil nilai rata-rata postes siswa yaitu 83,38 ± 10,90 ( X ±SB), secara
signifikan lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan LKS
Biologi (38,88 ± 9,28) pada kedelapan materi. Sedangkan hasil nilai rata-rata
pretes siswa pada kelas kontrol tidak mempengaruhi nilai postes. Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains
layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan
keterampilan proses sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.707 12 Has p |
Keywords: | Pengembangan LKS; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:53 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1528 |