Susanti, Ariana (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY (MEMBUAT CONTOH PRAKTIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POSTER OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I LIMA PULUH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311031 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
209311031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
209311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
209311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
209311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
209311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
209311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
209311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran Membuat Contoh Praktik dan Model Ceramah dalam meningkatkan kemampuan menulis poster. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Lima Puluh dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil secara homogen dengan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan rumus (M_1-M_2)/〖SE〗_(M1-M2) Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Membuat Contoh Praktik = 74,83, standar deviasi=9,16, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik sebanyak 56,67% dan kategori cukup sebanyak 23,3%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Ceramah = 66, standar deviasi=7,89 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 46,67%, kategori cukup sebanyak 46,67% dan kategori kurang 6,66%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 3,92, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dan 1% dk=(N1+N2)-2=58 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar=2,01 dan pada taraf signifikan 1% harga ttabel sebesar 2,68. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,01<3,92>2,68 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan model Membuat Contoh Praktik dalam meningkatkan kemampuan menulis poster lebih berpengaruh dibandingkan dengan model Ceramah di SMP Negeri I Lima Puluh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sus p |
Keywords: | Pembelajaran; Menulis; Belajar; Kemampuan Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15270 |