EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SIMPOSIUM TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 TAKENGON TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014

Yoga, Sahri Nova (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SIMPOSIUM TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 TAKENGON TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209111071 COVER.pdf]
Preview
Text
209111071 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209111071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (980kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209111071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209111071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209111071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209111071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
209111071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209111071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 BAB I.pdf]
Preview
Text
209111071 BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 BAB V.pdf]
Preview
Text
209111071 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 209111071 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209111071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektivitas Penggunaan Metode Simposium Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Takengon Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Takengon yang berjumlah 203 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XII-A sebagai kelas eksperimen.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni menggunakan teknik one group pretes-postes design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan memberi perlakuan, namun sebelumnya diberikan pretes kemudian postes untuk mengetahui perbandingan antara hasil pretes dan postes.Kelas pretes diberi perlakuan dengan menggunakan metode diskusi dan kelas postes diberi perlakuan dengan menggunakan metode simposium .Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas pretes memiliki rata-rata 68,80 dengan standar deviasi sebesar 6,94, sementara kelas postes memiliki rata-rata 85,04 dengan standar deviasi sebesar 8,54.Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, diketahui bahwa nilai t = 7. t 5% = 0,2787 dan tt 1% = 0,368 karena t yang diperoleh lebih besar dari t yaitu 0,2787<7> 0,368. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berargumentasi lebih efektif menggunakan metode simposium daripada metode diskusi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Takengon tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.530 712 Yog e
Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Simposium; Argumentasi; Karakteristik; Sastra Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Sep 2016 09:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item
View Item