PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Prayogi, Deni (2014) PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 208111032 COVER.pdf]
Preview
Text
208111032 COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
208111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
208111032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
208111032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
208111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
208111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
208111032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
208111032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 BAB I.pdf]
Preview
Text
208111032 BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 BAB V.pdf]
Preview
Text
208111032 BAB V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 208111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
208111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh strategi critical incident terhadap kemampuan menulis cerpen. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai tahun pembelajaran 2013/2014. Sampel diperoleh dari random kelas yaitu X-1 sebanyak 36 orang siswa. Data dilakukan dengan instrument tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Metode yang dilakukan dengan penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan menggunakan rumus uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre test = 71,52, standar deviasi = 7,71, dan termasuk kategori baik sekali sebanyak 4 siswa atau 11,1%, kategori baik sebanyak 21 siswa atau 58,33%, kategori cukup sebanyak 11 siswa atau 30,56%. Nilai rata-rata post-test = 76,80, standar deviasi = 7,56, dan termasuk kategori baik sekali sebanyak 8 siswa atau 22,22%, kategori baik sebanyak 23 siswa atau 63,89%, dan kategori cukup sebanyak 5 siswa atau 13,89%. Berdasrkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi homogeny. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 3,3. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan t pada taraf signifikan 5% dengan dk = N – 1, yakni = 36 – 1 = 35. Dari dk = 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,3> 2,04. Maka hipotesis nihil (H_o) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan atas Pengaruh strategi Critical Incident terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.307 1 Pra p
Keywords: Strategi; Critical incident; Cerpen; Menulis; Kemampuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Sep 2016 09:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15260

Actions (login required)

View Item
View Item