PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PPKN

Kurniawan, Dedi (2015) PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PPKN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.  8126122011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126122011 COVER.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.  8126122011 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126122011 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.  8126122011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126122011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.  8126122011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126122011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.  8126122011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126122011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.  8126122011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126122011 TABLES.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  8126122011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126122011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.  8126122011 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126122011 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.  8126122011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126122011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.  8126122011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.  8126122011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126122011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran
interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk
pembelajaran individual (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif
Power Point 2010 yang dihasilkan, dalam meningkatkan hasil belajar
pembelajaran PPKn.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan produk Borg & Gall yang dipadu dengan model
pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli
materi pelajaran PPKn, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat
lunak, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil,
dan empat puluh siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk
pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. atau kuesioner. Data-data yang
dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran PPKn termasuk
dalam kategori sangat baik (82,33%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam
penilaian dengan kategori baik (66,04%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak
berada pada kategori baik (73,90), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi
sangat baik (91,37%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat
baik (94,82%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (90,00%).
Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan
dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X semester
ganjil tahun pelajaran 2014 – 2015 di SMA 4 Kejuruan Muda Aceh Tamiang.
Metode yang digunakan dalam uji coba keefektifan produk adalah metode kuasi
eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa
sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media
pembelajaran interaktif power poin 2010 dan 20 siswa sebagai kelas kontrol yang
menggunakan media pembelajaran power point 2007 sebagaimana yang
berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan
media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan media pembelajaran power point 2007. Hal ini ditunjukkan
dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 1.23 pada taraf
signifikansi α = 0,05 dengan dk 38 diperoleh ttabel =14,68, sehingga thitung > ttabel.
Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran interaktif power point 2010 adalah sebesar
80% dan lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran power point 2007, yaitu sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: PPKn; Media Pembelajaran; Pembuatan Media; Power Ponit
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:56
Last Modified: 12 Apr 2016 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item
View Item