Gusmiati, Deli (2013) KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF BERBAGAI JENIS WACANA DALAM NASKAH SOAL UN OLEH SISWA KELAS X SMA SATRIA NUSANTARA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111031 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
208111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
208111031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
208111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
208111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
208111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
208111031 BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
208111031 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
208111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf dalam berbagai jenis wacana yang ada pada soal UAN dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa sulit menemukan ide pokok paragraf dalam wacana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Satria Nusantara Binjai Tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 200 orang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 15% dari jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa, yang diperoleh secara acak atau random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan suatu fenomena atau gejala yang terjadi dalam suatu karya nyata.Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata dari kemampuan menemukan ide pokok paragraf berbagai jenis wacana dalam UAN oleh siswa adalah 70,33. Apabila dianalisis secara kualitatif maka kemampuan menemukan ide pokok paragraph berbagai jenis wacana berada pada tingkat "Baik". Adapun persentase peringkat nilai data kemampuan siswa menemukan ide pokok paragraf berbagai jenis wacana dalam uan adalah 12 (40%) siswa dikategorikan sangat baik, 10 (33,33%) siswa dikategorikan baik, 3 (10%) siswa dikategorikan cukup dan sangat kurang, dan 2 (6,66%) siswa dikategorikan kurang.Dari 5 jenis wacana yang dianalisis, wacana deskripsi yang lebih dominant lebih mudah dipahami oleh siswa hal ini dapat dibuktikan dari jumlah keseluruhan yang benar menjawab wacana deskripsi yaitu 106 atau 24,82%. Wacana yang sulit adalah wacana persuasi yaitu 60 atau 14,51%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 71 Gus k |
Keywords: | Teoritis; Menemukan ide pokok dalam paragraf; Naskah; Jenis Wacana; Letak Posisi Ide Pokok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15136 |