Manurung, Asmarani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN SENI BUDAYA KHUSUSNYA SENI TARI DI SMP SWASTA METHODIST TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
081222510004 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
081222510004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
081222510004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
081222510004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
081222510004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
081222510004 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
081222510004 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
081222510004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian ini di laksanakan di SMP swasta Methodist Tg. Morawa pada semester ganjil, berlokasi di Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini menggunakan beberapa teori dan pengertian sebagai teori pendekatan. Di antaranya adalah pengertian penerapan, meningkatkan, pengertian hasil belajar, pengertian PBM, Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode PBM sebagai Mtode belajar, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya materi belajar mengekspresekan karya tari dengan membentuk pola lantai di kelas VII-B SMP swasta Methodist Tg. Morawa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP swasta Methodist Tg. Morawa yang berjumlah 35 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Seni Budaya materi Seni Tari dengan menggunakan metode PBM. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase.Hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 18 siswa (51, 42%) yang tuntas belajar dan 17 siswa (48,57%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 72,28. Frekwensi nilai yang sering muncul adalah 65 – 80. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar 31 siswa (88,57%) dan yang belum tuntas tinggal 4 siswa (11,42%) dengan nilai rata-rata 78,85. Frekwensi nilai yang sering muncul menaglami peningkatan yaitu menjadi 65 – 90. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa 40.65% dari siklus I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 792.620 71 Man p |
Keywords: | Pembelajaran; Kooperatif; Seni Tari; Belajar; Model |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15121 |