Kaban, Happi Luluina (2012) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERKARAKTER MELALUI MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP APRESIASI NASKAH DRAMA SISWA SMP KELAS VIII DI YPK.DON BOSCO XAVERIUS 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
208311040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
208311040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311040 BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
208311040 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berkarakter melalui model bermain peran terhadap apresiasi naskah drama siswa SMP kelas VIII di YPK.Don Bosco Xaverius 1 Kabanjahe, untuk mengamati dan mengidentifikasi tindakan/gejala dalam pembelajaran yang menumbuhkan pendidikan karakter dan untuk mengidentifikasikan faktor-faktoryang menghambat implementasi pembelajaran berkarakter melalui model bermain peran terhadap apresiasi naskah drama siswa.Metode penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian kualitatif.Pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia serta siswa SMP kelas VIII di YPK.Don Bosco SMP Xaverius 1 Kabanjahe. Sedangkan untuk analisis datanya,penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan gambar sebagai pelengkap data.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia SMPkelas VIII di YPK. Don Bosco Xaverius 1 Kabanjahe menerapkan pembelajaran berkarakter melalui model bermain peran terhadap apresiasi naskah drama siswatanpa memahami seutuhnya RPP berkarakter yang telah di buatnya. Kendati pun demikian, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tetap memperlihatkan adanya implementasi pembelajaran berkarakter melalui model bermain peran terhadap apresiasi naskah drama siswa. Seperti, munculnya sikap berani, bertanggungjawab, tekun, disiplin dan siswa mampu bekerjasama di dalam proses pembelajaran. Adapun yang menjadi faktor penghambat guru dalam Implementasipendidikan berkarakter melalui model bermain peran terhadap apresiasi naskah drama siswa SMP kelas VIII di YPK.Don Bosco Xaverius 1 Kabanjahe yaitu kurangnya pemahaman guru tentang implementasi pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran (penerapan RPP berkarakter).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 KAb i |
Keywords: | bermain; drama; karakter |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15113 |