Sianipar, Monita (2012) EFEKTIVITAS STRATEGI PROSES MENULIS TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIDAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
05310640 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
05310640 LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
05310640 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
05310640 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
05310640 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05310640 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
05310640 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
05310640 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
05310640 BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
05310640 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
05310640 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidamanik kurang mampu menulis laporan pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi Proses Menulis Terbimbing pada materi menulis laporan pengamatan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sidamanik, Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 279 orang. Sampel penelitian yaitu kelas VIID dan VIIIA .Pengambilan sampel dilakukan secara cluster atau cluster sampling. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah tes.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah bentuk tes penugasan, dengan menggunakan uji ”t”.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata menulis laporan pengamatan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidamanik tahun pembelajaran 2011/2012 dengan menggunakan strategi Proses Menulis Terbimbing berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata = 80,8, standar deviasi =8,09. Nilai rata-rata menulis laporan pengamatan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidamanik tahun pembelajaran 2011/2012 dengan menggunakan strategi konvensional berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata = 72,06, standar deviasi = 9,61. Berdasarkan uji normalitas, hasil kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to sebesar 5,2. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 35-1 =34. dari df = 34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,9. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,2 > 1,9, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Proses Menulis Terbimbing lebih efektif dibandingkan strategi konvensional terhadap kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas VIII SMP N 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sia e |
Keywords: | menulis; laporan; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Apr 2017 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15107 |