Sianturi, Evi Sulastri (2012) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA DALAM CERPEN “PAROMPA SADUN KIRIMAN IBU” KARYA HASAN AL BANNA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PARANGINAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111039 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
208111039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
208111039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
208111039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
208111039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
208111039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
208111039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
208111039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
208111039 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
208111039 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
208111039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
208111039 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Diskusi terhadap Kemampuan Menemukan Nilai-nilai Sosial Budaya dalam Cerpen “Rumah Amangboru” Karya Hasan Al Banna Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Paranginan yaitu sebanyak 5 kelas (150 Orang). Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas (60 siswa) yang diambil secara acak (random Sampling). Metode yang dilakukan adalah metode eksperimen. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda. Rumus yang digunakan adalah uji “t”.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen =72,5, standar deviasi 6,9221. Nilai rata-rata kelas kontrol 60,66 standar deviasi 7,039. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui t0 sebesar 6,57. Selanjutnya,t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5 % = dengan df= N-1, yakni 60-1= 59. Dari taraf signifikan 5 % = 2,00, dengan demikian thitung > ttabel yakni 6,57 > 2,03. Maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran diskusi memiliki pengaruh yang signifikan dalam menemukan nilai sosial budaya dalam cerpen “ Parompa Sadun Kiriman Ibu” karya Hasan Al Banna oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sia p |
Keywords: | metode diskusi; ekpositori; cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15100 |