Shalihah, Mardliah (2012) PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX MTS SWASTA NURUL KHAIRIYAH PANTAI LABU TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
0208311070 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
0208311070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
0208311070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
0208311070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
0208311070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
0208311070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
0208311070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
0208311070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
0208311070 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
0208311070 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
0208311070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Media Komik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX MTs Swasta Nurul Khairiyah Pantai Labu Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas IX MTs Swasta Nurul Khairiyah sebanyak 230 siswa. Sampel diambil secara acak sebanyak 35 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata siswa pada saat pre-test adalah 60,26, sedangkan pada saat post-test adalah 78,51. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen pada saat post-test lebih tinggi dari pada pre-test.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,82, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan dk = N-1 maka 35 - 1 = 34.Pada tabel t dengan df = 34 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% (0,05) = 2,032dan pada taraf signifikan 1% (0,01) = 2,726. Setelah dikonsultasikan, ternyata t0 yangdiperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,03<6,75>2,762 pada �= 0,01 yang berarti bahwa baik pada � = 0,05 maupun pada �= 0,01 H0 ditolak. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel, maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa media komik berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX MTs Swasta Nurul Khairiyah Pantai Labu Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sha p |
Keywords: | menulis; komik; media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15096 |