Tamba, Sulastri Putri H. (2012) EFEKTIVITAS METODE INKUIRI DALAM MENGAPRESIASI EMOSI PENOKOHAN PADA NOVEL AYAT-AYAT CINTA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
510310110 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
510310110 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
510310110 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
510310110 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
510310110 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
510310110 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
510310110 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
510310110 BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
510310110 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
510310110 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Metode Inkuiri terhadap kemampuan siswa dalam mengapresiasi emosi penokohan pada Novel Ayat-Ayat Cinta oleh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. Untuk melihat efektivitas masing-masing variabel bebas maupun terikat digunakan perhitungan statistic uji-t tidak berpasangan. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjung Balai tahun pembelajaran 2011/2012 dimana terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 160 orang. Sampel diambil dari populasi dengan teknik acak kelompok atau random sampling, dan dibagi atas dua kelas, dimana kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 36 orang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri sedangkan XI IPA 2 dengan jumlah siswa 36 orang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah. Sehingga didapt jumlah sampel sebanyak 72 orang. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan uji liliefors untuk normalitas data dan uji varians untuk homogenitas data dinyatakan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam atau homogen. Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, tampak adanya perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 77,36 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 68,89. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana t hitung >t tabel (3,94>2,01), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri lebih efektif daripada metode pembelajaran ceramah terhadap kemmpuan siswa dalam mengapresiasi emosi penokohan yang terdapat di dalam novel Ayat-Ayat Cinta pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Tam e |
Keywords: | metode inkuiri; ceramah; apresiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15077 |