PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA OLEH SISWA KELAS VIII SMP DHARMA PATRA PANGKALAN SUSU TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Mahmudah, Wildan (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA OLEH SISWA KELAS VIII SMP DHARMA PATRA PANGKALAN SUSU TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 510310148 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
510310148 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 510310148 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
510310148 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of 510310148 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
510310148 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 510310148 BAB I.pdf]
Preview
Text
510310148 BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 510310148 BAB V.pdf]
Preview
Text
510310148 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 510310148 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
510310148 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran Active Debate terhadap keterampilan berbicara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Susu, Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 158 orang. Sampel penelitian yaitu VIII2.Pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling atau random sampling. Instrument yang digunakan untuk menyaring data adalah tes.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan menggunakan uji ”t” sebagai berikut:Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 66,87, standar deviasi = 7,79. Nilai rata-rata posttest = 78,75, standar deviasi = 8,62. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to sebesar 7,42. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, yakni 40-1 = 39. Dari df= 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 7,24 > 2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesi alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Active Debate berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Susu, Tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 410.071 Mah p
Keywords: debat; pembelajaran aktif; argumentasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Feb 2017 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item
View Item