Fitriani, Henni (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA PENGAJARAN LARUTAN DAN KOLOID. Masters thesis, UNIMED.
Abstrak.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Cover.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah bahan ajar larutan pada diktat kimia umum II perlu adanya revisi, (2) Apakah bahan ajar larutan hasil pengembangan telah memenuhi standar kelayakan merujuk BSNP (3) Tanggapan dosen pengampu kimia umum terhadap bahan ajar larutan yang telah dikembangkan, (4) Tanggapan mahasiswa sebagai pengguna terhadap bahan ajar larutan yang telah dikembangkan. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah diktat kimia umum II pada pokok bahasan larutan. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang mahasiswa semester IV Universitas negeri medan dan 3 orang dosen kimia umum Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis manunjukkan (1) Analisis diktat kimia umum II merujuk BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,13 artinya layak dipergunakan, namun masih perlu adanya penambahan, (2) Analisis bahan ajar hasil pengembangan merujuk BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,88 artinya sangat layak dipergunakan, (3) Tanggapan dosen pengampu kimia umum terhadap bahan ajar hasil pengembangan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,84 artinya sangat baik dan sangat layak dipergunakan, (4) Tanggapan mahasiswa terhadap bahan ajar hasil pengembangan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,36 artinya sangat baik dan sangat layak dipergunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.392 071 2 Fit p |
Keywords: | Bahan Ajar Inovatif dan Interaktif; Penelitian dan Pengembangan (R & D); Larutan dan Koloid. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:57 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1504 |