PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Azudya, Arisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7121142003_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7121142003_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7121142003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7121142003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7121142003_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7121142003_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7121142003_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7121142003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7121142003_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7121142003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7121142003_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7121142003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7121142003_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7121142003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7121142003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7121142003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7121142003_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7121142003_BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7121142003_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7121142003_BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7121142003_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7121142003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
Akuntansi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan hasil belajar
akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Langsung pada siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 6 Medan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA. Negeri 6 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan yang
berjumlah 76 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Tenik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur
hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.
Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang
dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran Double Loop Problem Solving adalah nilai rata-rata pre-test 41,50
dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 8,00 dan
rata-rata post-test 82,67 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 serta
simpangan baku 7,156. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
model pembelajaran Langsung adalah nilai rata-rata pre-test 40,17 dengan nilai
tertinggi 55 dan nilai terendah 20 serta simpangan baku 8,66 dan post-test sebesar
76,00 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 serta simpangan baku 9,135.
Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,151 > 1,671 pada
taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Double Loop
Problem Solving dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan
dengan model pembelajaran Langsung pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6
Medan T.P. 2015./2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 082
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving;Model Pembelajaran Langsung
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:52
Last Modified: 29 Aug 2016 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14878

Actions (login required)

View Item
View Item