Siagian, Lestari (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN FAKTOR KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS KELAS VIII SMP SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341062 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 7123341062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
4. NIM. 7123341062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 7123341062 PREFACE .pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 7123341062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
6. NIM. 7123341062 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 7123341062 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7123341062 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7123341062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM. 7123341062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 7123341062 REFERENCES .pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan sekolah dan faktor
keluarga dengan motivasi belajar siswa IPS kelas VIII SMP Swasta Masehi
Berastagi T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Masehi Berastagi. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi
Berastagi yang berjumlah sebanyak 212 siswa dan yang menjadi sampel adalah
berjumlah 53 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument
yang digunakan untuk lingkungan sekolah dan faktor keluarga dengan motivasi
belajar siswa berupa angket, yang dimana 15 instrument untuk variabel X1, 20
untuk variabel X2 dan variabel Y sebanyak 25 instrument. Validatas tes diuji
dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus
Product Moment dan Korelasi Berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis
secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validatas dengan 15 instrument untuk variabel X1, 20 untuk
variabel X2 dan variabel Y sebanyak 25 instrument hasil keseluruhannya
dinyatakan valid. Untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,607 0,2706 (r11
> rtabel) untuk penggunaan lingkungan sekolah, 0.839 0,2706 (r11 > rtabel) untuk
faktor keluarga dan 0,870 0,2706 (r11 > rtabel) untuk motivasi belajar siswa.
Hasil analisis Product Moment diperoleh ada hubungan yang positif antara
lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa IPS dengan nilai koefesien
korelasinya sebesar 0,987 0,2706 (r hitung rtabel ) dan diperoleh juga ada
hubungan yang positif antara faktor Keluarga dengan Motivasi belajar siswa IPS
dengan nilai koefesien korelasinya sebesar 0,986 0,27060 (r hitung rtabel ).
Untuk analisis hasil korelasi berganda diperoleh R rtabel yaitu 0,989 0,2706
dan untuk variabel X1 diperoleh uji t yaitu thitung ttabel (3,651 1,676) dengan
sig (0,001 0,05) sedangkan untuk variabel X2 diperoleh uji t yaitu thitung
ttabel (3,080 1,676) dengan sig (0,003 0,05) untuk uji f diperoleh Fhitung
sebesar 1151,258 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,18 berarti
Fhitung >Ftabe (1151,258 > 3,18 ) maka hipotesis diterima atau ada hubungan positif
antara lingkungan sekolah dan faktor keluarga dengan motivasi belajar siswa
kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi T.A 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 033 |
Keywords: | Lingkungan Sekolah; Faktor Keluarga; Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:18 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14843 |