Sitorus, Renova (2016) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN P. SIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141042 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 7122141042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM 7122141042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM 7122141042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 7122141042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 7122141042 TABLE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 7122141042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
8. NIM 7122141042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM 7122141042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
13. NIM 7122141042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM 7122141042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Berfluktuasinya Prestasi Belajar
siswa dengan tendensi menurun dalam mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan
Bisnis”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor internal
dan eksternal terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas
XI SMK Swasta Teladan P.Siantar TA. 2015/2016.
Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Teladan P.Siantar Jalan Singosari
No.3. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK bidang Bisnis dan
Manajemen, dengan populasi sebanyak 146 siswa. Sampel berjumlah 73 siswa
diambil menggunakan teknik Proporsionate random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas
dengan rumus korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas dengan Cronbach
Alpha. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik dan dianalisis menggunakan
analisis linear berganda, uji-t, uji-F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial uji-t (thitung>ttabel), pengaruh
faktor internal = 4,86>1,67 dan faktor eksternal = 4,84>1,67; serta secara simultan
Fhitung>Ftabel (32,80>3,13) dengan taraf signifikan 0,000<0,05. Besarnya kontribusi
variabel independen terhadap dependen ditunjukkan oleh nilai koefisien
determinasi sebesar 48% sedangkan 52% lagi dipengaruhi oleh faktor lain. Model
persamaan regresinya adalah Y=34,820+0,289 X1+0,356X2.
Kesimpulannya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor
internal dan eksternal terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis
siswa kelas XI SMK Swasta Teladan P.Siantar TA. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 050 |
Keywords: | Faktor Internal; Faktor Eksternal; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:02 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14840 |