PENGARUH PERSEPSI PADA PROFESI GURU, PERAN GURU PAMONG, DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI UNIMED

Hasibuan, Maria Stefani (2016) PENGARUH PERSEPSI PADA PROFESI GURU, PERAN GURU PAMONG, DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123141079 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123141079 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123141079 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123141079 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123141079 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123141079 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123141079 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123141079 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123141079 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123141079 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123141079 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123141079 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123141079 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123141079 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123141079 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123141079 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123141079 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123141079 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123141079 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123141079 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123141079 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123141079 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi pada profesi
guru, peran guru pamong, hasil belajar mahasiswa berpengaruh terhadap kesiapan
menjadi guru. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi
pada profesi guru, peran guru pamong dan hasil belajar mahasiswa terhadap
kesiapan menjadi guru.
Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ekonomi Unimed. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan
ekonomi angkatan 2012 berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data adalah
wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pada profesi guru, peran
guru pamong dan hasil belajar mahasiswa berpengaruh secara simultan terhadap
kesiapan menjadi guru, nilai Fhitung > Ftabel (60,605 > 2,74) dan nilai sig
0,000<0,05 serta besar koefisien determinasi 72,2%. Uji hipotesis secara parsial
diperoleh nilai sig persepsi pada profesi guru 0,006 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel
(2,819 > 1,996), variabel peran guru pamong diperoleh nilai sig 0,015 .<0,05 dan
nilai thitung > ttabel (2,507>1,996) dan variabel hasil belajar mahasiswa diperoleh
nilai sig 0,158>0,05 dan nilai thitung < ttabel (1,428<1,996). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa variabel persepsi pada profesi guru dan variabel peran guru
pamong berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru
sementara variabel hasil belajar mahasiswa tidak berpengaruh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 EKO 028
Keywords: Persepsi; Peran Guru; Hasil Belajar; Kesiapan Menjadi guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:57
Last Modified: 25 Aug 2016 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item
View Item