Hasibuan, Maria Stefani (2016) PENGARUH PERSEPSI PADA PROFESI GURU, PERAN GURU PAMONG, DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141079 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 7123141079 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM. 7123141079 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM. 7123141079 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM. 7123141079 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 7123141079 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 7123141079 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7123141079 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7123141079 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 7123141079 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 7123141079 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi pada profesi
guru, peran guru pamong, hasil belajar mahasiswa berpengaruh terhadap kesiapan
menjadi guru. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi
pada profesi guru, peran guru pamong dan hasil belajar mahasiswa terhadap
kesiapan menjadi guru.
Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ekonomi Unimed. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan
ekonomi angkatan 2012 berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data adalah
wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pada profesi guru, peran
guru pamong dan hasil belajar mahasiswa berpengaruh secara simultan terhadap
kesiapan menjadi guru, nilai Fhitung > Ftabel (60,605 > 2,74) dan nilai sig
0,000<0,05 serta besar koefisien determinasi 72,2%. Uji hipotesis secara parsial
diperoleh nilai sig persepsi pada profesi guru 0,006 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel
(2,819 > 1,996), variabel peran guru pamong diperoleh nilai sig 0,015 .<0,05 dan
nilai thitung > ttabel (2,507>1,996) dan variabel hasil belajar mahasiswa diperoleh
nilai sig 0,158>0,05 dan nilai thitung < ttabel (1,428<1,996). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa variabel persepsi pada profesi guru dan variabel peran guru
pamong berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru
sementara variabel hasil belajar mahasiswa tidak berpengaruh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 028 |
Keywords: | Persepsi; Peran Guru; Hasil Belajar; Kesiapan Menjadi guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 02:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14824 |