Sabrina, Windya Ayu (2016) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341124 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 7123341124 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 7123341124 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. NIM. 7123341124 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 7123341124 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM. 7123341124 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 7123341124 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7123341124 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7123341124 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
13. NIM. 7123341124 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 7123341124 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh kompetensi sosial
guru terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru
terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) apakah ada pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi
kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan T.P
2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial dan
kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 6
Medan T.P 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan, Jalan Ansari No.34 Medan,
dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang berjumlah 83 orang yang
terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling.
Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan
garis linear Y = 42,755 + 0,129 + 0,533 Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat
tidak ada pengaruh dan tidak signifikan antara kompetensi sosial terhadap prestasi belajar
ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (1,214) < ttabel (1,663). 2) terdapat pengaruh dan
signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan
dengan nilai thitung (5,321) > ttabel (1,663). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (19,948) > Ftabel (0,05). Besarnya sumbangan
dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui
perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,55 yang artinya sebesar 55%
prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kompetensi sosial guru (X1) dan kompetensi
kepribadian guru (X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel kompetensi sosial (X1) tidak
berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi dan variabel kompetensi kepribadian guru
(X2) berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA
Negeri 6 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 059 |
Keywords: | Kompetensi Sosial; Kompetensi Kepribadian;Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 06:55 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14794 |