Apriani, Yosephin (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA METHODIST-1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7123341128 COVER pdf.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2.NIM 7123341128 APPROVAL SHEET pdf.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
4.NIM 7123341128 ABSTRACT pdf.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3.NIM 7123341128 PREFACE pdf.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5.NIM 7123341128 TABLE OF CONTENT pdf.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6.NIM 7123341128 TABLE pdf.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 7123341128 ILLUSTRATION pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM 7123341128 APPENDICES pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9.NIM 7123341128 BAB I pdf.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13.NIM 7123341128 BAB V pdf.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14.NIM 7123341128 BIBLIOGRAPHY pdf.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) pengaruh lingkungan pergaulan terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) pengaruh lingkungan keluaga dan lingkungan pergaulan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA methodist-1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2016 dengan populasi siswa sebanyak 79 siswa di kelas XI IPS SMA Methodist-1 Medan. Sampel penelitian diperoleh dari teknik total sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner untuk variabel lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dan penumpulan data untuk prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh melalui dokumentasi nilai rapor.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Terdapat pegaruh yang positif dan signifikan antara lingkunga keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi (thitung.> ttabel = 9.387>1,665 dengan nilai taraf signifikan 5% ) 2. Tidak terdapat pengaruh antara lingkungan pergaulan terhadap prestasi belajar ekonomi (thitung.> ttabel = 1,656< 1,665)dengan nilai taraf signifikan 5% 3). Terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Methodist-1 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 (fhitung > ftabel yaitu 7.218>2,736 dengan nilai taraf signifikansi 5% )
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 031 |
Keywords: | Lingkungan Keluarga; Lingkungan Pergaulan; Prestasi Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 01:56 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14727 |