Sianturi, Novita Sari (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 5 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141100 COVER.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 7123141100 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM. 7123141100 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM. 7123141100 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 7123141100 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 7123141100 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 7123141100 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 7123141100 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 7123141100 BAB I.PDF - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 7123141100 BAB V.PDF - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 7123141100 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas
XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh persepsi siswa
tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI
SMA Negeri 5 Medan. 2. Pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap motivasi
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. 3.
Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan dukungan sosial
orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah sejumlah 133 orang dan sampel sebanyak 54 orang
yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data digunakan
dengan rumus regresi linear berganda, untuk uji hipotesis digunakan rumus parsial
(uji-t) dan uji simultan (uji-f). Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
variabel X terhadap Y digunakan uji koefisien determinasi (uji R2)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan
persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar
siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan dengan nilai thitung > ttabel (2,744 > 1,675)
dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,008 < 0,05). 2)
Tidak ada pengaruh positif dan signifikan dukungan sosial orangtua terhadap
motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan dengan nilai thitung < ttabel
(0,447 < 1,675) dan taraf signifikan penelitian > dari signifikan α 0,05 yaitu
(0,657 > 0,05). 3) Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang
kompetensi pedagogik guru dan dukungan sosial orangtua terhadap motivasi
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan dengan Fhitung > Ftabel (5,097 > 3,18)
taraf signifikan penelitian < dari signifikan < α 0,05 (0,010 < 0,05).
Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,167 (16,7%) sehingga
dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar
16,7% dan lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa
tentang kompetensi pedagogik guru dan dukungan sosial orangtua terhadap
motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pelaljaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 038 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Dukungan Sosial Orangtua; Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 07:13 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14713 |