MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 105325 TANJUNG MORAWA

Silalahi, Wesly and Syastriani, Yunni (2014) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 105325 TANJUNG MORAWA. Jurnal School Education, 02 (02). pp. 47-59. ISSN 2355-1720

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 105325 Tanjung Morawa T.A 201/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu teknik yang digunakan untuk mengungkapkan fakta dan jelas tentang permasalahan-permasalahanyang dihadapi pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Objek penelitian ini adalah aktifitas siswa dan minat belajar siswa pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sains di kelas V SD 105325 Tanjung Morawa T.A 2010/2011.

Item Type: Article
Keywords: Minat belajar; Pendekatan kontekstual; Pelajaran sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:13
Last Modified: 02 Nov 2016 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item
View Item