Gimanto (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA SWASTA PANCA BUDI MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341021 - COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7113341021 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
7113341021 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
7113341021 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
7113341021 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
7113341021 - TABLES.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7113341021 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7113341021 - APPENDICS.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7113341021 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
7113341021 - CAPTER V.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
7113341021 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Abstract
Masalah di dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya disiplin belajar siswa dan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) mengetahui besarnya pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar dalam menunjang prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Panca Budi Medan yang berjumlah 65 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu berjumlah 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hopotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap hipotesis secara parsial untuk motivasi dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai thitung 3,133 dan nilai ttabel 1,669 maka diperoleh thitung > ttabel ( 3,133 > 1,669 ) maka Ha diterima Ho ditolak, dan pengujian hipotesis untuk disiplin belajar dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai thitung 1,074 dan nilai ttabel 1,669 maka diperoleh thitung < ttabel (1,074 < 1,669) maka Ho diterima Ha ditolak. Untuk pengujian secara simultan menunjukkan F¬hiting > Ftabel ( 20,921 > 3,15) dan sig < 0,05 (0,000<0,05) berarti Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi ( R2) sebesar 0,384 atau 38,4%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 38,4%.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ada pengaruh positifdan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2. Tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Panca Budi Medan. Bagi siswa SMA Panca Budi Medan , dapat menggunakan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang motivasi belajar dan displin belajar dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar. Upaya yang dilakukan dengan berusaha memperhatikan dan meningkatkan motivasi dan disiplian belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 047 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14695 |