Manullang, Dominikus Rojoki (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141021 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7113141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
7113141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7113141021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7113141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7113141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7113141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7113141021 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
7113141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7113141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 309 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen, dan X-4 sebagai kelas control yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk dokumentasi dan bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t�. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Snowball Throwing adalah pretes sebesar 46.14, standar deviasi=11.71 dan postes sebesar 72.57, standar deviasi=8.17, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 45.43, standar deviasi= 12.80 dan postes sebesar 67.43, standar deviasi=9.02. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2.498 > 2.15 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0.05. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 080 |
Keywords: | Model Pembelajaran Snowball Throwing; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14687 |