Simarmata, Christin Nindya Ronauli (2015) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341007- COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7113341007- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7113341007- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
7113341007- ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7113341007- DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
7113341007- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7113341007- DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7113341007- DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7113341007- BAB I.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
7113341007- BAB V.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
7113341007- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kepribadian guru dan profesionalisme guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar yang berjumlah 188 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, angket dan dokumentasi.Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji determinasi (R2).Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.00 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 51.954 + 0,240X1 + 0,080X2. Selanjutnya kepribadian guru (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung> ttabel(3,196 > 1,669) dengan sig 0,000.Sementara profesionalisme guru (X2) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung >ttabel (0,601 < 1,669) dengan sig 0,550. Secara bersama-sama kepribadian guru dan profesionalisme guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung> Ftabel (5,235 > 3,15). Nilai determinasi (R2) kontribusi variabel kepribadian guru dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,7%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar analisa penelitian ini.Dapat disimpulkan bahwa kepribadian guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.Sedangkan profesionalisme guru tidak ada memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 065 |
Keywords: | Kepribadian Guru; Profesionalisme Guru; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14683 |