Purba, Martina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SIWA KELAS XI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142033 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7113142033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
7113142033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7113142033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7113142033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7113142033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7113142033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7113142033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7113142033 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
7113142033 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7113142033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis media audio visual terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 12 Medan yang beralamat di Jl. Cempaka No.75 Helvetia, Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 3 kelas yakni kelas XI IPS-1 sebanyak 52 orang, kelas XI IPS-2 sebanyak 50 orang, dan kelas XI IPS-3 sebanyak 52 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yang terdiri dari kelas XI IPS-2 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan dengan model Problem Based Instruction berbasis Media Audio Visual dan kelas XI IPS-1 sebagai kelas kontrol yang akan diberi perlakuan dengan model konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes objektif berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest siswa untuk kelas eksperimen sebesar 79,20 sedangkan nilai rata-rata postest siswa untuk kelas kontrol sebesar 64,80. Hasil uji-t diperoleh sebesar 6,15 dan sebesar 1,676 pada taraf α = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa > atau 6,15 > 1,676. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model Problem Based Instruction berbasis Media Audio Visual terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 043 |
Keywords: | Model Problem Based Instruction Berbasis Media Audio Visual; Metode Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14656 |