Utami, Irma Chairina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142005 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7111142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
7111142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7111142005 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7111142005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7111142005 LIST OF TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7111142005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7111142005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7111142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7111142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7111142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Guided Teaching pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang beralamat di JL. T. Amir Hamzah Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 72 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan berganda sebanya 20 soal denga lima option. Dimana sebelumnya tes ini telah diujicobakan dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan penguji hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05.Dari hasil analisis data kelas eksperimen1 nili rata-rata pre-test dan post-test yaitu 48,33 dan 79,17 dengan standar deviasi 10,11 dan 7,64. Sedangkan pada kelas eksperimen2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 46,33 dan 72,83 dengan standar deviasi 12,54 dan 9,07. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 2,9254 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,9254 > 1,67. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima.Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer lebih tinggi secara signifikan disbanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Guided Teaching pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 032 |
Keywords: | Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14645 |