Girsang, Hiskia (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA TELADAN P.SIANTAR T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142010 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7112142010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (937kB) | Preview
7112142010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7112142010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
7112142010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7112142010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7112142010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7112142010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7112142010 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7112142010 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7112142010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMK Swasta Teladan P.Siantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning siswa kelas X Ak SMK Swasta Teladan P.Siantar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan P.Siantar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas X Ak SMK Swasta Teladan P.Siantar dengan jumlah 68 orang. Sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas X Ak 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X Ak 2 sebagai kelas Eksperimen II. Masing-masing terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pre test yang diajarkan dengan model Problem Based Learning = 56,62 dengan standar deviasi = 8,59 dan nilai rata-rata pre test yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning = 55,59 dengan standar deviasi = 9,98. Dan nilai rata-rata post test yang diajarkan dengan model Problem Based Learning = 79,26 dengan standar deviasi = 9,47dan nilai rata-rata post test yang diajar dengan model Contextual Teaching and Learning = Hipotesis digunakan uji statistik uji hasil perhitungan tersebut diperoleh > pada taraf =0,05 dengan dk=70,44 dengan standar deviasi = 9,32 dengan dk = 34+34-2 = 66 yakni (3,92 > 1,669) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar model Contextual Teaching and Learning siswa kelas X Ak SMK Swasta Teladan P.Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 069 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi ; Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14638 |