ESENSI METODE DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Nurmayani (2012) ESENSI METODE DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 18 (70). ISSN 0852-2715

[thumbnail of Esensi metode dalam perspektif filsafat pendidikan Islam.pdf]
Preview
Text
Esensi metode dalam perspektif filsafat pendidikan Islam.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu peristiwa penyampaian atau proses transformasi. Dalam proses transformasi itu, antara subyek (yang menyampaikan materi) dengan obyek (yang menerima penyampaian materi) terdapat hubungan komunikasi yang tentunya tidak dapat berlangsung dalam ruang hampa melainkan dalam suasana mengandung makna dan tujuan. Hubungan komunikasi tersebut dilakukan melalui kegiatan pengajaran. Ayat yang mengisyaratkan tentang makna Alquran yang menyangkut dengan metode pengajaran terdapat dalam surat al- Maidah yang artinya: “Hai rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia[430]. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir”. Rasulullah Saw sebagaimana penerus Alquran, bertugas untuk menyampaikan apa yang telah diturunkan oleh Allah Swt kepadanya yang tentunya memiliki metode yang tepat dalam menyampaikannya. Ayat-ayat Alquran mengandung makna bahwa ada patokan fundamental tentang pendidikan dalam Alquran. Hal ini dapat di pahami bahwa pendidikan adalah suatu peristiwa “komunikasi” yang berlangsung dalam situasi dialogis antara subjek dan objek. Dalam makalah ini penulis akan membahas, pengertian metode pendidikan islam, karakteristik metode pendidikan Islam, dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan metode dalam pendidikan Islam, metode-metode pendidikan Islam study nomenklatur.

Item Type: Article
Keywords: Metode teladan; Ceramah; Nasehat; Diskusi; Targhib; Tarhib; Adat kebiasaan; Metode perumpamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc.
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 05 Apr 2016 05:39
Last Modified: 04 Sep 2017 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item
View Item