Sirait, Mentari Julianti (2015) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA KELAS X AP SMK PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341045 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7113341045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
7113341045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7113341045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7113341045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7113341045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7113341045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7113341045 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
7113341045 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7113341045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar korespodensi bahasa Indonesia siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Prayatna Medan T.P 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkatoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Prayatna Medan Tahun pembelajaran 2014/2015. Waktu penelitian yaitu pada semester genap T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Prayatna Medan berjumlah 84 orang dan sampel sebanyak 84 orang yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Hasil analisis yang diperoleh untuk hubungan minat belajar (X1) dengan prestasi belajar (Y) diperoleh nilai (thitung > ttabel (4,622 > 1,987), menunjukkan bahwa ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk hubungan lingkungan belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,728 > 1,987), menunjukkan bahwa ada hubungan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 6,638, koefisien regresi minat belajar (X1) sebesar 0,718 dan koefisien regresi lingkungan belajar (X2) sebesar 0,351. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y= 6,638 + 0,718X1+ 0,351X2. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 27,3%, menunjukkan bahwa minat belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama memberikan hubungan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 27,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk menguji hipotesis minat belajar dan lingkungan belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (15,212 > 3,10), menunjukkan ada pengaruh signifikan secara simultan antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan secara simultan antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar korespodensi bahasa Indonesia siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Prayatna Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 025 |
Keywords: | minat belajar, lingkungan belajar, dan pprestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14562 |