Samosir, Rudy (2015) HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA PAB VI HELVETIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141203 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709141203 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
709141203 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141203 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
709141203 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
709141203 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141203 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141203 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
709141203 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141203 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Swasta PAB VI Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta PAB VI Helvetia Medan Tahun pembelajaran 2014/2015 dimana populasi yang diambil adalah keseluruhan kelas X yang terdiri dari X-1, X-2, X-3, dengan jumlah siswa 126 orang, dan selanjutnya sampel yang diambil adalah sebanyak 30% dari jumlah populasi yakni sebanyak 38 siswa yang diperoleh dengan tekhnik random sampling, dimana sampel yang dipilih diambil secara acak dan merata pada setiap kelas. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Tehnik korelasi product moment dengan hasil rhitung 0,456 yang selanjutnyadikonsultasikan ke dalam tabel interprestasi nilai r dimana rtabel yang diperoleh sebesar 0,320 sehingga dapat dinyatakan bahwa hubungan antara variabel X yaitu faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dengan variabel Y yaitu prestasi belajar siswa dapat dikategorikan kuat. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dimana thitung diperoleh sebesar 3,074 harga ini dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 95% dan alpha 5% dengan dk= n-2 diperoleh ttabel sebesar 1,68 dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 3,074 > 1,68.Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Swasta PAB VI Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Sam h |
Keywords: | Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar; Prestasi Belajar ;Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14465 |